SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Jumat, 26 Januari 2018

Rakor Kopwan Kec. Kunir

Kunir, 26 januari 2018. Rapat Koordinasi Koperasi Wanita (Kopwan) di kecamatan kunir dilaksanakan pada 25 januari 2018 bertempat di pendopo kecamatan kunir. Agenda tersebut dihadiri oleh 14 Kopwan yang tersebar di 11 desa. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ibu Tutuk As’at selaku Ibu Bupati Lumajang.

Sambutan Ibu Tutuk as'at
Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “koperasi adalah tiang negara, diharapkan agar semua koperasi yang ada di lingkungan kec. kunir khususnya kopwan bisa berkembang hingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat”.

PERAN  koperasi wanita (Kopwan) di Indonesia cukup signifikan walaupun tidak banyak kopwan yang besar, namun keberadaannya  mampu membantu pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah pengentasan kemiskinan  seperti, mengurangi pengangguran, perbaikan kesehatan, peningkatan pendidikan dan mengatasi masalah gender.  Keuletan, ketelitian dan kejujuran menjadi kunci kopwan  berkembang cepat.

Koperasi wanita yang berkembang dan konsisten dalam menjalankan prinsip dan nilai-nilai koperasi. Koperasi wanita pada umumnya memiliki kegiatan yang diorietasikan kepada pemenuhan kebutuhan dan pemecahan persoalan wanita baik yang bersifat konsumtif, produktif maupun kesehatan reproduksi. Keberhasilan pengelolaan unit simpan pinjam tersebut tidak saja menguntungkan kopwan yang bersangkutan, tetapi juga anggota, keluarga dan komunitas dimana kopwan tersebut berdiri.

Sementara Ibu Tutuk menjelaskan, “kopwan  mampu meningkatkan kesejahteraan diri dan keluarganya. Wanita memiliki keunggulan khususnya dalam pengelolaan koperasi. Keunggulan tersebut mewujud dalam keuletan, kejujuran dan ketelitian dalam menangani berbagai dinamika persoalan kopwan. Dalam konteks kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan keluarga, peranan wanita menjadi sangat penting karena koperasi dapat menjadi salah satu wadah yang sangat strategis untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, disamping kegiatan koperasi juga dapat dijadikan sebagai media aktualisasi diri wanita”.


Dalam konteks kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan keluarga, peranan wanita sangat penting, karena koperasi dapat menjadi salah satu wadah yang sangat strategis untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, disamping kegiatan koperasi juga dapat dijadikan sebagai media aktualisasi diri wanita. (Senifah)

0 komentar:

Posting Komentar