SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Jumat, 12 Oktober 2018

Pensiun Bukan Akhir Pengabdian Seorang PNS



            Kunir, 12 Oktober 2018. Pensiun bukan merupakan masa untuk berhenti berkarya. Pensiun juga bukan masa yang hanya diisi dengan istirahat menikmati jerih payah selama aktif menjadi PNS. Sebaliknya, masa untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat dengan waktu luang yang sangat banyak.
Bapak Munir seorang pensiunan guru SDN 04 Kunir Kudul, purna tugas di bulan agustus 2018. Bertempat di desa kunir kidul, beliau terus berkreasi untuk negeri ini dengan melakukan pembinaan pelatihan batik untuk anas sekolah. Adapaun anak didikanya sebanyak 150 orang terdiri dari siswa tingkat SMA. Kegiatan pelatihan dilaksanakan sore hari setelah jam pulang sekolah.
“Untuk melestarikan warisan budaya bangsa yang tak ternilai ini, perlu ditanamkan kecintaan pada seni budaya, khususnya di kalangan generasi muda. Salah satunya adalah dengan memberikan pengenalan maupun pelatihan membatik. Bagi anak-anak, mengikuti pelatihan membatik akan membangun daya imajinasi, koordinasi, keseimbangan dan motorik. Tentu saja harus dengan pengarahan dari ahli membatik yang sudah professional dan berpengalaman.” pesan beliau saat melatih batik.

Sebagai warisan luhur budaya bangsa Indonesia, batik kini sudah dikenal di seluruh penjuru dunia. Terlebih lagi, sejak tahun 2 Okober 2009, UNESCO meresmikan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan  Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Oleh sebab itu di Indonesia, pada tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari batik nasional dimana semua orang dianjurkan memakai pakaian batik.

Batik yang sejak lama telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) adalah hasil kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi. Awalnya tradisi membatik merupakan tradisi turun temurun. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang, seperti motif yang hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.
Harapan Bapak Munir yaitu agar terbentuk UMKM baru di lingkungan kec. Kunir. Anak – anak adalah asset negara, oleh karena itu perlu adanya sebuah kegiatan peningkatan SDM sejak dini. Generasi baru manjadi madiri, kreatif, mampu berwirausaha dan terus manjaga warisan budaya bangsa Indonesia. (Ali)

0 komentar:

Posting Komentar