SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Selasa, 16 Oktober 2018

KESENIAN MUSIK TRADISIONAL SERBUNG

( kesenian serbung )
pada hari ini tanggal 16 oktober, adalah awal baik upaya untuk menghidupkan kembali seni musik tradisional lumajang yang sempat punah, yaitu "SERBUNG"dan pada bulan ini seni musik tersebut d hidupkan kembali di desa kami yaitu desa jatimulyo kecamatan kunir kabupaten lumajang.
sejarah kesenian SERBUNG tersebut adalah merupakan alat musik tiup tradisional yang terbuat dari bumbu, kata SERBUNG sendri merupakan singkatan dari "SEREPOH BUBUNG"dalam bahasa maduranya.serepoh berati meniup dan bubung adalah bambu yang berukuran besar.
( anggota kesenian serbung)
seni SERBUNG ini pertama kali di popolerkan oleh ABDUR ROHMAN,yaitu petani jatimulyo yang juga di kenal sebagai MBAH EROH, beliau mulai mempopulerkan alat musik ini sekitar tahun 1960 an.
pada era 60 an itu pula SERBUNG sebagai hiburan masyarakat jatimulyo,kesenian ini sangat di gemari di kala itu, meskipun bisa d mainkan sendiri, SERBUNG di masa populernya sering di mainkan secara berkelompok bersama sejumlah alat musik tradisional lainnya. ad pula yang di mainkan dengan cara d pukul oleh 3 orang, dan pada tanggal 9 desember kemaren di KWT  ato di djadoel SERBUNG di tampilkan  di sana secara perdana. ada keplak yang di mainkan secara d pukul dengan tangan, yaitu terbuat dari pelepah pinang (jambe) juga di lengkapi kendang alat pendukung serbung yang di mainkan dengan cara di pukul juga, Yang terbuat dari bambu, begitulah serbung saat ini yang d populerkan kembali oleh masyarakat jatimulyo,

0 komentar:

Posting Komentar