SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Sabtu, 27 Oktober 2018

FESTIVAL ALBANJARI DESA KUNIR KIDUL

( Grub albanjari )

Kunir, 27 oktober 2018, hari ini sabtu diselenggarakan acara festival Albanjari dalam rangka memperingati festival Banjir Tahu yang ke-2 Desa Kunir Kidul tepatnya diselenggarakan di lapangan Desa Kunir Kidul. Yang diikuti oleh puluhan grub albanjari se kabupaten lumajang.

Festival ini merupakan salah satu cara Desa kunir untuk terus menumbuhkan semangat anak-anak muda dalam berkarya dan mengeksplore bakat musik islami mereka.

Dengan kegiatan ini diadakan dengan harapan agar kecintaan musik Islami terus tumbuh di kalangan pemuda dan masyarakat. Apalagi potensi bermusik hadrah di lingkungan pemuda saat ini mulai cukup besar.

“Kesenian hadrah merupakan salah satu kesenian khas islami yang selalu mendapat tempat di hati umat Islam. Seni ‘terbang’ yang berirama menghentak, rancak, dan variatif membuat kesenian menjadi alternatif baru bagi anak muda dalam bermain musik. Hingga detik ini hadrah yang berasal dari kota banjar ini mulai banyak diminati pelajar dan bahkan menjadi ekskul di sekolah-sekolah, pondok pesantren maupun sejumlah perguruan tinggi,” 

( Festival Albanjari bersholawat )
Selain itu, ajang ini juga bisa sebagai sarana konsolidasi dan silahturahmi antar pemuda dan masyarakat

“Dengan ajang ini mereka bisa mengukur kemampuannya yang tidak hanya jago di lingkungan sendiri, tapi bisa beradu dan bersanding dengan grub albanjari yang lain untuk bertukar pengalaman memainkan musik religi,” 
Setiap grup terdiri dari 10 orang ini akan membawakan dua lagu, yang pertama sholawat dengan iringan musik albanjari (hadrah dan bass).

Lagu kedua adalah lagu yang dikolaborasikan dengan musik non elektrik (perkusi). Seperti keplak, marawis, calte, dumbuk, jimbe, bas, tamborin, dan tamtam.

( Lomba Mewarnai )
“Mereka akan tampil kurang lebih 12 menit di atas panggung. Festival ini dimulai dari pukul 08.00 – 22.00 WIB. Mereka yang tampil membawakan sebuah lagu-lagu hadrah islami yang indah dengan beragam kolaborasi dan variasi yang berbeda antar grub.
Acara festival Albanjari ini berlangsung meriah dihadiri oleh banyak masyarakat dari berbagai kalangan, tidak hanya itu saja tetapi pada malam itu ada kegiatan lomba mewarnai untuk tingkatan kanak - kanak usia dini. Kami berharap acara ini bisa terus sukses dan berkelanjutan untuk tahun-tahun berikutnya.


0 komentar:

Posting Komentar