SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Rabu, 26 September 2018

KELAS IBU HAMIL DESA KARANGLO KECAMATAN KUNIR

( Bimbingan Ibu Bidan Resiyah )

Kunir, 26 September 2018 hari ini rabu pada pukul 08.00 wib diselenggarakan kelas ibu hamil di balai desa karanglo, dengan koordinator Ibu Bidan Resiyah dan dihadiri oleh 30 ibu hamil. Puskesmas kecamatan kunir di Kabupaten lumajang, menargetkan pembentukan kelas ibu hamil di 11 desa tahun ini. Koordinator bidan desa karanglo Puskesmas kecamatan kunir ibu resiyah mengatakan, hingga september tahun ini, kelas ibu hamil di Desa telah mencapai target yaitu sudah terbentuk 11 kelas.

Resiyah mengatakan memang kelas ibu hamil sudah terbentuk namun partisipasi sari ibu - ibu hamil masih kurang karena masih ada beberapa ibu hamil yang tidak bisa menghadiri kegiatan rutin ini. Padahal kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada ibu hamil.

Namun pembentukan kelas ibu hamil tersebut menurut Resiyah masih memiliki hambatan. Di antaranya, masih kurangnya kesadaran ibu hamil untuk datang ke kelas tersebut. Di samping itu, dukungan dari suami dan masyarakat secara lebih luas kata dia belum optimal.

( Peserta Kelas Ibu Hamil )
Untuk itu, Puskesmas kecamatan kunir berupaya menanggulangi hal tersebut dengan melakukan berbagai upaya sosialisasi. Di antaranya dengan menggunakan media sticker dan baligho. Pihak puskesmas juga kata dia aktif melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat. “Saat ini setiap kelas ibu hamil memiliki 15 - 30 peserta,” katanya.

Dalam kelas ibu hamil tersebut, Resiyah menjelaskan, peserta diberi materi mengenai gizi yang baik untuk ibu hamil, tanda-tanda bahaya persalinan, serta mitos-mitos mengenai kehamilan dan persalinan.

Resiyah juga mengungkapkan, pembentukan kelas ibu hamil tersebut mendapat dukungan moral maupun motivasi dari dinas kesehatan kabupaten lumajang, untuk kedepannya diharapkan kegiatan kelas ibu hamil ini bisa lebih aktif pada semua desa agar kegiatan kelas ini lebih maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar