SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Sabtu, 18 Agustus 2018

MENDONGENG BERSAMA STAVA DARI KOTA PASURUAN DI DESA KARANGLO

( Stava Mendongeng )

Kunir, 18 Agustus 2018 hari ini sabtu pada pukul 02.00 wib diselenggarakan acara dongeng bersama Stava dari Pasuruan di Balai Desa Karanglo yang dihadiri oleh 80 anak-anak sekolah Dasar dan Madrasah. Seiring perkembangan zaman, banyak orang tua yang meninggalkan budaya mendongeng untuk anak. Kini,para orang tua lebih memanfaatkan teknologi digital untuk menghibur buah hati mereka daripada mendongeng menggunakan buku bacaan. Padahal,dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua merupakan hiburan yang tepat untuk anak.
Selain menghibur, membacakan dongeng anak juga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang.
Narasumber dari stava membawakan cerita-cerita rakyat diantaranya Bawang merah dan Bawang putih, Malin Kundang, Danau Toba dsb, untuk disampaikan kepada anak-anak generasi muda penerus cita-cita bangsa dengan tujuan untuk memberikan hiburan agar mereka senang sekaligus memberikan motivasi kehidupan bagi mereka agar menjadi anak yang berbakti dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa nantinya. Stava mendongeng didepan anak-anak dengan penuh penjiwaan sehingga Anak-anak berantusias terlihat sangat gembira memperhatikan stava yang sedang mendongeng mereka serasa melihat
( anak-anak Sekolah Dasar dan Madrasah )
langsung jalan cerita tersebut. Inilah beberapa manfaat mendongeng untuk anak:

1. Memperkaya kosakata anak.
2. Mendengarkan sebuah cerita bisa menstimulasi daya imajinasi Si Kecil.
3. Melatih kemampuan mendengar.
4.Meningkatkan kemampuannya berkomunikasi.
5. Meningkatkan interaksi verbal antara Anda dan Si Kecil. 
6. Mengajarkan padanya tentang konsep cerita, angka, huruf, warna, dan bentuk.
7. Memberikan informasi tentang dunia di sekitarnya.
8. Usai membacakan dongeng, Anda bisa bertanya kepada anak mengenai cerita tersebut atau membiarkannya untuk bercerita. Hal ini bermanfaat untuk melatih daya ingatnya.
9. Saat mendongeng, Anda dan Si Kecil bisa berpelukan, tertawa bersama dan bermanja-manja. Hal itu bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak.
10. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang sering didongengkan atau yang kerap membaca, memiliki kemampuan matematika yang lebih baik dibandingkan anak seusianya.
11. Dongeng memiliki manfaat untuk mengajarkan tentang emosi pada Si Kecil.
Namun ingat, hindari memberikan dongeng kepada anak melalui perantara teknologi. Contohnya, membiarkan anak menonton cerita melalui televisi atau mengunduh aplikasi dongeng pada gadget, lalu membiarkannya melihat dan mendengar cerita melalui layar. Karena Si Kecil perlu merasakan hubungan emosional dengan kata-kata yang diucapkan, jadi jauhi dongeng pada gadget. Usahakan Anda membacakannya langsung padanya. Selain itu, dongeng digital bisa membuat anak kehilangan daya imajinasi dan kemampuan berpikir karena dia hanya diberi sebuah tontonan saja. Begitulah yang disampaikan oleh Stava dari Kota Pasuruan.

0 komentar:

Posting Komentar