SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Jumat, 27 Juli 2018

Pembinaan Kelompok Olah Raga yang ada di kecamatan Kunir

(Kelompok olahraga puskesmas kunir)
Pada hari ini ,jum'at 27 Juli 2018 di balai desa Sukosari Puskesmas Kunir melaksanakan kegiatan Pembinaan Kelompok Olah Raga yang ada di kecamatan Kunir. Kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan  yang dilaksanakan Puskesmas Kunir bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dan BKOR -PIPPM Kabupaten Lumajang. Dalam Pembinaan ini Puskesmas Kunir mengundang sebagai peserta Kader Kesehatan dan Olah Raga (KESORGA) se Kecamatan Kumir,Kader kader di Desa juga bidan dan perawat yang terkait dengan kegiatan ini.
Adapun pelaksanaan kegiatan ini sebelum dibuka oleh kepala Puskesmas kunir diawali dengan kegiatan senam bersama dengan seluruh undangan yang hadir. Senam dilaksanakan dengan penuh semangat bersama instruktur senam saudari Jumilah selama 30 menit. Pelaksanaan senam ditutup dengan pendinginan sekaligus peserta diperkenankan untuk isomah 15 menit guna mempersiapkan pembukaan pembinaan kelompok Olah Raga ini.
(Kegiatan Senam bersama)
Acara pembinaan kelompok Olah Raga selajutnya di buka pada pukul 08.30 wib yang dibuka oleh kepala Puskesmas Kunir Dr.Irma. Dalam sambutannya beliau mengajak.masyarakat untuk gemar berolahraga, baik berupa senam atau olah raga lainnya minimal dalam keseharian aktifitas fisik sangat perlu dilakukan dalam kehidupan sehari hari secara rutin. Beliau menambahkan bahwa kegiatan kelompok olah raga ini harus dilestarikan  guna tercapai masyarakat yang sehat dan berkualitas. Diakhir sambutan beliau, ucapan terimakasih disampaikan kepada Kader Kesehatan dan Olah Raga (KESORGA) yang telah  mendampingi dan menjadi motor penggerak dalam proses penyehatan masyarakat yang dilakukan oleh Puskesmas Kunir.
Pada sesi kedua pembinaan disampaikan dari BKOR oleh Sdr.Bambang S.Pd KO. Dijelaskan tentang Penyakit Tidak Menular (PTM ). Penyakit tidak menular itu muncul dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat dan bisa juga karena Genetika ,tetapi bisa juga diperlambat jika pola hidupnya sehat. Diantaranya macam penyakit ini  Sroke,Diabetes,TB paru paru,Hipertensi dan komplikasi maupun saluran pernafasan bawah.
Pembinaan selanjutkan disampaikan   Bpk Siswo S.Pd KO. Pada kesempatan ini dijelaskan tentang gejala ,penyebab dan pengobatan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan  ( ISPA ).
 ISPA adalah Infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernafasan  bagian atas. Bila terdapat gejala ISPA tersebut segera hubungi dokter. Untuk mencegah ISPA kita harus melakukan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan.
Acara pembinaan kelompok olahraga ini ditutup pada pukul 13.0. Dalam penutup ini Kepala puskesmas mengajak kader kesehatan (kesorga ) dan  untuk mengolaragakan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar