SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Senin, 09 Desember 2013

SCOUTS EXPRESSION CAMP 2013 Kec. Kunir

Suasana perkemahan
Lumajang, (09/12). Perkembangan zaman dan tantangan yang dihadapi oleh generasi muda semakin kompleks, hal ini mengakibatkan efek yang kurang positif terhadap perkembangan watak dan kepribadian generasi muda, generasi muda tampak menghilangkan beberapa nilai luhur bangsa, yang memang merupakan ciri khas bangsa Indonesia.

Perkembangan teknologipun tak kalah pesatnya berbagai macam informasi dapat dengan mudah kita peroleh memalui akses berbagai media yang ada, informasi beraneka ragam seperti, Pornografi, gaya hidup kaum muda yang jauh dari kewajaran, mudah meluas dan sukar untuk dihindari, angka penderita HIV/AIDS dari tahun ketahun makin menigkat jumlahnya, demikian juga pemakai narkoba semakin meluas, dan yang lebih memprihatinkan lebih dari 50% pecandu narkoba adalah generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa, mungkin ini merupakan gejala menghindar karena kenyataan dalam masyarakat yang mengemukakan dewasa ini adalah konflik dan kekerasan, kasih sayang dan tolong menolong semakin sulit ditemukan. Hal – hal yang ditemukan ini bukan lagi  merupakan kendala dan ancaman saja melainkan sudah merupakan permasalahan nyata, keadaan ini adalah masalah dan tantangan besar dan berat bagi dunia pendidikan.

Upacara pembukaan perkemahan

Penyematan tanda peserta oleh pembina

Gerakan pramuka yang sudah diakui sebagai pendidikan non formal dan merupakan bagian dari masyarakat sudah sepantasnya merespon permasalahan yang muncul di masyarakat ini salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan positif yang menarik, menantang, inovatif dan menjunjung tinggi perbedaan yang ada, yang nantinya akan menjadi alternatif kegiatan bagi generasi muda dan menjadi filter dari permasalahan yang ada.

Membuat tandu saat jelajah medan
Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kunir bermaksud  menyelenggarakan kegiatan SCOUTS EXPRESSION CAMP 2013 yang merupakan arena berkegiatan bagi anggota gerakan pramuka yang menyukai persahabatan, perdamaian, ketrampilan dan tantangan, SCOUTS EXPRESSION CAMP 2013 sekaligus menjadikan media menyatukan perbedaan, saling pengertian, mengembangkan kreatifitas dan peneguhan jati diri di antara berbagai latar belakang dan minat anggota Pramuka.

SCOUTS EXPRESSION CAMP 2013 dilaksanakan untuk mengisi hari efektif fakultatif/liburan bagi siswa-siswi anggota pramuka yg telah melaksanakan kegiatan Semester Ganjil dengan harapan memberikan kegiatan pilihan bagi generasi muda yg dapat memupuk jiwa Patriotisme, jiwa kebangsaaan anggota Pramuka sebagai generasi penerus Perjuangan bangsa Indonesia, dalam kegiatan ini peserta melakukan kegiatan belajar tematik, menyenangkan dan menantang, membangun persahabatan dan pengertian serta melihat kemungkinan mengambil peran dalam mempersiapkan diri untuk masuk dalam kehidupan masyarakat dunia.

Maksud dan Tujuan:
1. Memberikan kegiatan yang positif, kreatif, inovatif dan menantang bagi peserta didik.
2. Menciptakan kegiatan sebagai proses pendidikan watak dan mental peserta didik.
3. Memberikan teori dan praktek dalam gerakan pramuka pada anggota gerakan pramuka pada khususnya dan peserta didik pada umumnya.
4. Membangkitkan semangat dan minat generasi muda khususnya serta anggota gerakan pramuka untuk mengabdikan diri kepada bangsa negara.
5. Menumbuhkan semangat kebangsaan yang tinggi, cinta tanah air dan mempunyai wawasan kebangsaan sebagaimana yang di amanatkan UUD 45.
6. Meningkatkan kualitas anggota gerakan pramuka sebagai kader yang memiliki kemampuan dan pendidikan dasar bela negara yang mantab.
7. Membina persatuan dan kesatuan bangsa di antara anggota pramuka khususnya serta generasi muda pada umumnya.
8. Menumbuhkan semangat kompetisi yang sehat dalam meningkatkan prestasi, meningkatkan loyalitas anggota terhadap prinsip dasar gerakan pramuka.

Tema Kegiatan yaitu ”Not Be the Same Unite“, “ Bersatu Tak Harus Sama “

Lomba membuat menu ala pandu(ubi-ubian yang dibakar)
Waktu pelaksanaan SCOUTS EXPRESSION CAMP 2013 bertepatan pada tanggal 08 s/d 10 Desember  2013. Tempat pelaksanaan SCOUTS EXPRESSION CAMP 2013, bertempat di Bumi perkemahan Lapangan  Desa Kunir kidul Kec. Kunir Kab. Lumajang. Peserta Kegiatan SCOUTS EXPRESSION CAMP 2013berasal dari beberapa lembaga SD/MI SMP/MTs SMA/SMK/MA se kwartir ranting kunir yang di ikuti oleh 13 anggota penggalang/ penegak tiap regu dan 2 orang Bindamping. Dari tiap-tiap Gugus Depan minimal mengirimkan 2 regu. Jumlah peserta keseluruhan mencapai 900 anggota pramuka penggalang/penegak.

Susunan Panitia:

  • Pelindung : Muspika & Kades
  • Penasehat : Drs.LEGOWO SANTOSO
  • Penyelenggara : 
    1. Ketua           : Drs.H.ABDUL KHALIM,M.Pd & Drs. TIHAP
    2. Wakil           : HARTONO, S.Pd
    3. Sekretaris  : HAMIM TOHARI, S.Pd
    4. Bendahara : Drs. USMAN

  • Pelaksana :

    1. Ketua : MAULANA RENDIK ISWAHYUDI
    2. Sekretaris : AGUS EFENDI
    3. Bendahara : SIS INDRAWATI
    4. Devisi - devisi


Adapun kegiatan yang dilakukan yaitu:

1. KEGIATAN UMUM
  • Upacara Pembukaan
  • Upacara Penutupan
  • Kegiatan Kerohanian
  • Korve Tenda
  • Apel pagi dan sore
  • Olah Raga
  • Clean Up Activity
Senam pagi

2. KEGIATAN KETERAMPILAN
  • Menu ala pandu (Peserta membuat masakan Menu Sehat dari ubi-ubian yang dibakar)
  • Kerajinan (Peserta Memamerkan hasil karyanya yang terbuat dari barang bekas dan mempresentasikan cara dan proses pembuatannya)
Membuat kerajianan dari bambu
3. KEGIATAN SENI DAN BUDAYA
  • Peserta akan menampilkan seni budaya dari masing-masing gugus depannya dengan durasi waktu maksimal 10 menit
Pentas seni
4. GAME
  • Team Building (Peserta akan di perkenalkan tekhnik dan tata cara berkomunikasi dengan baik, tidak membosankan dan menyenangkan bagi subjek yang di ajak berkomunikasi)
  • Leader Ship (Peserta akan di perkenalkan cara, jalan untuk menjadi seorang leader yang baik dan dapat menjadi contoh bagi lingkungan sekitarnya)
5. KEGIATAN BAKTI
  • Bakti Lingkungan dan Masyarakat (Pembagian sembako kepada RTM dan kerja bakti sosial)

6. KEGIATAN PETUALANGAN
  • Jungle Tracking (Peserta akan di ajak untuk berkegiatan di alam bebas dengan menyenangkan, menarik dan menantang, untuk mengembangkan bakat, minat dan kreativitas peserta)
Jelajah medan siswa SD
Panjat tebing dalam jelajah medan
7. FIRE NIGHT
  • Malam Api unggun merupakan ajang bertemunya seluruh peserta sekaligus sebagai klimaks kegiatan ini dengan menampilkan kebudayaan / seni bagi yang sudah terpilih pada refleksi penampilan yang sebelumnya
Adapun dana yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan SCOUTS EXPRESSION CAMP 2013 sebesar Rp. 14.900..000,- (Empat belas juta sembilan ratus ribu rupiah)

0 komentar:

Posting Komentar